Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kantong Plastik ASI

Cari rekomendasi kantong plastik ASI? Kantong ASI adalah salah satu alat menyusui yang penting bagi ibu baru. Apalagi jika Bunda juga seorang ibu yang bekerja. Ini adalah alat yang memberikan solusi sederhana untuk menyimpan, membekukan, menghangatkan, dan menyajikan ASI untuk si kecil. 

Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, bagaimana cara memilih tempat penyimpanan ASI yang tepat? Sebelum memutuskan jenis kantong penyimpan ASI yang cocok, ibu sebaiknya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis kantong penyimpan ASI.

Penyimpanan ASI

Kehadiran kantong ASI atau tempat menyimpan ASI memang sangat membantu ibu dan bayi, namun tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakannya. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, susu perah atau susu yang dipompa dapat disimpan dalam kondisi berikut:

  • Bisa disimpan hingga 4 jam jika tetap di suhu kamar (77°F atau kurang).
  • Bisa disimpan hingga 4 hari jika disimpan di kulkas.
  • Paling baik disimpan di dalam freezer yang bisa bertahan selama sekitar 6-12 bulan. 

Meskipun pembekuan menjaga keamanan makanan hampir tanpa batas waktu, waktu penyimpanan yang disarankan sangat penting untuk menjaga kualitas yang optimal dan sangat disarankan untuk tidak disimpan terlalu lama. 

Kelebihan dan Kekurangan Kantong ASI

Jadi inilah kelebihan dan kekurangan dari penggunaan kantong ASI:

  • Kelebihan Kantong Untuk ASI berlebih

Menggunakan kantong ASI dapat membawa manfaat bagi ibu seperti:

  • Tidak seperti tas ziplock biasa

Kantong ASI ini lebih tebal dan terbuat dari bahan bebas BPA.

  • Hemat ruang

Kantong ASI mudah disimpan dan ditata di dalam freezer sehingga tidak memakan banyak tempat.

  • Tahan suhu panas

Jika susu baru dikeluarkan dari freezer, Anda bisa mudah mengembalikan teksturnya (cairkan dan panaskan kembali susu) agar lebih cepat mencair.

  • Tidak perlu dicuci atau disterilkan

Kantong ASI plastik adalah sekali pakai sehingga Anda tidak menghabiskan banyak waktu untuk mencuci dan mensterilkannya.

  • Mudah diberi label

Jika Anda ingin mengawetkan ASI, pelabelan sangat penting. Ibu harus memberi label tanggal dan jumlah ASI yang disimpan di setiap kantong.

  • Berlabel

Kantong plastik penyimpanan ASI memiliki ruang khusus untuk label yang memudahkan pengaturan penggunaan ASI di kemudian hari.

  • Kekurangan Kantong ASI

Jika ada kelebihan, pasti juga ada kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari menggunakan kantong ASI.

  • Sekali pakai

Artinya, selama Anda perlu menyimpan ASI, Anda harus tetap membeli kantong ASI sampai Anda memutuskan untuk tidak memerah ASI lagi. Kantong ASI yang sudah digunakan tidak akan bisa digunakan lagi baik itu dicuci maupun disterilkan.

  • Rentan terhadap kebocoran

Jika Anda membeli kantong ASI berkualitas buruk, kantong tersebut dapat bocor. Namun, ada beberapa merek tas ASI yang dilengkapi dengan resleting ganda untuk perlindungan dari kebocoran. 

Biasanya, kantong ASI terbuat dari bahan yang bebas BPA dan sudah disterilkan sehingga Anda bisa langsung menggunakannya. Saat ini banyak sekali jenis kantong ASI dengan bentuk, kegunaan dan harga yang berbeda-beda. Agar tidak bingung memilih, kamu bisa mengunjungi Orami.co.id yang akan merekomendasikan kamu plastik ASI terbaik. 

Deskripsi : plastik ASI memang sangat praktis namun tentunya memiliki keuntungan dan kekurangannya tersendiri. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *