Cara Mudah Membuat Media Tanam Aglonema, Steril dari Jamur dan Serangga

Berikut ini cara mudah membuat media tanam Aglonema, steril dari jamur dan serangga. Membuat media tanam aglonema yang steril, tidaklah begitu sulit dan tidak memakan waktu yang lama. Penggunaan media tanam yang steril ini bertujuan agar tanaman aglonema bisa tumbuh dan berkembang dengan baik

Steril yang dimaksud adalah media tanam tersebut terbebas dari telur hama, bakal jamur atau bakteri lainnya yang bisa menganggu pertumbuhan tanaman. Jika menggunakan media tanam yang steril, maka tanaman aglonema akan tumbuh cantik dan tidak terkontaminasi bibit penyakit seperti spora, jamur hingga tidak adanya telur siput. Dikutip dari kanal Youtube Hobi Bunga, berikut ini beberapa cara untuk membuat media tanam aglonema steril.

Sekop kecil Botol semprotan berisi air Alas karung atau wadah

Sekam Tanah yang sudah dicampur kotoran hewan Fungisida

1. Untuk membuat media tanam yang steril dan aman, bebas dari serangga dan bebas dari jamur, buatlah terlebih dahulu media tanam yang akan digunakan. Pertama letakkan sekam ke dalam wadah atau alas karung, kemudian tambahkan tanah yang sudah dicampurkan dengan kotoran hewan. Untuk takarannya, sesuaikan dengan ukuran aglonema yang kamu miliki, apakah masih anakan atau sudah remaja, sesuaikan saja takarannya.

2. Setelah itu, aduk aduk sekam dan tanah sampai rata sembari mengamati juga apakah ada telur telur binatang kecil, telur serangga, semut, gulma atau yang lain. Jika ada, maka buang. 3. Jika sekam dan tanah sudah tercampur rata, langkah selanjutnya yaitu jemur di bawah terik matahari panas selama kurang lebih 2 3 jam. Pastikan media tanam yang dijemur itu benar benar kering, tujuannya untuk membunuh serangga kecil dan jamur.

4. Langkah selanjutnya adalah membuat larutan fungisida, yakni hanya perlu memasukkan 3 5 gram fungisida ke dalam botol semprot berisi air. 5. Selanjutnya, semprotkan larutan fungisida secara merata ke media tanam dari sekam dan tanah yang sudah kering tadi. Cara ini bertujuan untuk menangkal jamur yang akan datang, sehingga media tanam benar benar bersih dari jamur, karena tanaman aglonema sangat sangat tidak tahan atau rentan terhadap jamur.

Semprot larutan fungisida sampai benar benar rata, aduk kembali campuran sekam dan tanah, lalu semprot kembali. Semprot dan aduk media tanam sampai 3 kali, biarkan media tanam menjadi benar benar basah. 6. Jika sudah, media tanam yang kamu buat sudah siap atau bisa langsung untuk digunakan pada tanaman aglonema.

Jika tidak ingin langsung menggunakan media tanam tersebut, kamu bisa menyimpannya dalam wadah plastik atau kantong plastik yang ditutup rapat, agar hama tidak datang kembali. Apabila media tanam tersebut disimpan lama, itu akan membuat media tanam semakin bagus kualitasnya, karena unsur haranya akan semakin banyak akibat sekam yang juga menjadi tanah. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.