Apa Itu Sindrom Guillain Barre ? Penyakit yang Dialami Guru Susan, Diduga Lumpuh Usai Vaksinasi

Beberapa waktu lalu, terungkap sosok guru Susan Antela (31) di Sukabumi, Jawa Barat yang mengalami lumpuh usai menjalani vaksinasi Covid 19. Setelah melalui proses investigasi kesehatan, ternyata bukan vaksinasi yang menyebabkan guru Susan lumpuh. Melainkan, guru Susan mengidap penyakit langka Sindrom Gillain Barre (GBS).

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Hindra Irawan Satari. "Ya benar karena GBS, tidak terkait vaksinasi," ujarnya saat dikonfirmasi , Senin (3/5/2021). Lantas, seperti apa penyakit langka GBS ini dan penyebabnya?

Melansir laman , GBS adalah kelainan langka di mana sistem kekebalan tubuh merusak sel saraf, menyebabkan kelemahan otot ,bahkan terkadang sampai kelumpuhan. Kelainan ini bisa menyerang siapa saja. Tetapi, resiko terbesar ada pada orang dengan usia 50 tahun ke atas. Walaupun penyebabnya tidak sepenuhnya diketahui, sindrom ini sering kali terjadi setelah terinfeksi virus atau bakteri.

Masih dari sumber yang sama, gejala pertama kali yang dirasakan pengidap GBS ini, yakni kelemahan atau kesemutan di kedua kaki. Seringkali, kesemutan bisa menyebar sampai ke lengan hingga tubuh bagian atas. Gejala ini bisa makin terasa hingga otot tak bisa bekerja sama sekali.

Dalam kasus yang parah, kelainan ini bisa membuat orang lumpuh. Sekitar dua pertiga orang dengan GBS, bahkan merasakan gejala diare hingga penyakit pernapasan selama beberapa hari atau minggu. Infeksi Campylobacter Jejuni, yang menyebabkan diare, adalah salah satu faktor risiko paling umum yang dirasakan pengidap GBS.

Kelainan GBS ini sempat dikaitkan dengan vaksinasi flu babi (tahun 1976). Namun tak ada alasan yang mendasar untuk mengaitkan antara vaksin dengan GBS. Sementara, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa seseorang lebih rentan terkena GBS, setelah terserang flu.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *